Naungan - Usaha & Produk

Daftar Halaman

  • Beranda
  • Motivaqolbi
  • Titian Hikmah
  • StoriesofHikmah
  • Banyak Cinta
  • Kehebatan Doa
  • Kehebatan Ayat
  • Kajian Ghaib
  • Tasawwuf
  • Anda Perlu Tahu
  • Catatan
  • Tips Kesehatan
  • eBook
  • Software
  • Kitab-Kitab
  • Photo Ulama'
  • Photo Acara
  • Sesungguhnya LIDAH ORANG BIJAK itu ada dibalik hatinya. Apabila dia ingin berkata maka dia kembali kepada hatinya. Jika itu bermanfa'at baginya maka dia berkata. Namun jika itu berdampak buruk baginya maka diapun menahan mulutnya (sama dengan tulisan). Sedangkan ORANG BODOH, hatinya berada diujung lidahnya. Dia tidak kembali kepada hatinya. Apa saja yang ada dimulutnya maka dia ucapkan (sama dengan tulisan). --- Siapapun bisa menjadi ORANG BIJAK selama dia bisa menjaga perasaan/ emosionalnya & LISANNYA (tulisannya). Perasaan tidak cocok, tidak sepaham & tidak senang tidak perlu kita tampakkan jika anda ingin jadi ORANG BIJAK. --- Menjadi Orang bodoh sangat lebih mudah, biar bertitel SARJANA ataupun berilmu tapi tidak bisa mengendalikan perasaannya. lihatlah Lisan & Tangannya akan menampakkannya. Siapa dirinya sebenarnya.
Petunjuk Mudah...... !
Klik BERANDA (pada Daftar Halaman).
Anda akan masuk ke Daftar Isi semua posting Blog.
Selamat menikmati.
--------------------------------------------------------------

Q-Power (Miracle Heart Energy)

Q-Power (Miracle Heart Energy)
klik gambar untuk melihat website energi q

Prolog

------------------------------

Bismillahirrahmanirrahiim

Selamat Datang di Blog Kami, semoga Informasi yang anda cari tersedia dan silahkan dibaca, dicopy atau dibagi kepada siapapun yang membutuhkan.

Etika berkunjung, silahkan anda tinggalkan NAMA atau EMAIL sebagai niat baik & ijin.

insya Allah, ILMU yang ada disini akan membawa berkah & manfaat untuk kita semua. Amin.

Bagi yang berkenan silahkan kasih komentar dengan Sopan & Santun sebagai perwujudan ukhuwah islamiyah.

Bagi yang yang tidak berkenan, kami mohon maaf.

( Harap cantumkan nama Gus Is - 1hati17an.blogspot.com )

-----------------------------

Kamis, 04 Juli 2013

KELUARGA DAN SAHABAT RASULULLAH SAW (1c)

oleh Stories of Hikmah (Catatan) pada 14 Juni 2013 pukul 3:21

Rasullah SAW adalah Utusan Allah, pimpinan dan panutan (uswah hasanah) bagiumat, karena itu, mengenal Rasulullah dan orang-orang dekatnya, yangmendampinginya di saat susah maupun senang, yang berperang bersamanya, yangmengamini doa-doanya, dan yang membela perjuangannya, adalah hal yangsemestinya hingga dapat menumbuhkan cinta yang pada saatnya akan menegaskankomitmen “Ittiba” pada segala apa yang datang dari Nabi Muhammad Saw. Kecintaankepada Rasulullah hakikatnya ditentukan pula oleh Kecintaan sesorang kepadasemua yang mempunyai hubungan dan sambungan (ittisol) kepada Rasulullah.Berikut adalah mereka yang berada dekat dengan Rasullah SAW baik sebelum Islamditurunkan sampai akhirnya Islam menjadi jalan hidup.

















Istri- istri Nabi
1. Khadijah binti Khuwailid (wafat 3 SH)
Dia adalah istri Rasulullah yang pertama dan orang yang paling banyak membantuperjuangannya di tahun-tahun pertama kenabian. Sebelum masa kenabian iadijuluki dengan julukan “wanita suci”. Rasulullah menikah dengannya 15 tahunsebelum diangkat menjadi nabi. 
Putra-putrinya dari Nabi adalah; Qasim, Abdullahkeduanya meninggal ketika masih kecil, kemudian Zainab, Ruqaiyah, Ummi Kultsumdan Fatimah Az Zahro’. Dia memberikan dukungan penuh baik moril maupun materilkepada Nabi dalam perjuangan beliau. Khadijah wafat pada “aamul-huzni” [tahunkesedihan] dan dimakamkan di Ma’la. Sebelum beliau wafat Rasulullah SAW tidakmenikahi wanita lain selain beliau.

2. Aisyah binti Abu Bakar (wafat 58 H)
Dia dipersunting oleh Nabi SAW pada tahun kedua Hijrah dan satu-satunya istriRasulullah SAW yang dinikahi sewaktu perawan. Dia adalah istri yang palingdicintai oleh Nabi dan yang paling banyak meriwayatkan hadis dari Nabi. Diajuga termasuk wanita yang paling pakar dalam ilmu agama dan etika. Dia wafat diMadinah dan dimakamkan di Baqi.

3. Hafsah binti Umar (wafat 45 H)
Dari sejak Islam muncul, dia langsung memeluk agama Islam. Dia bersama suaminyaikut hijrah ke Madinah, namun suaminya meninggal dunia seusai perang Badar.Rasulullah melamarnya dari orang tuanya, seterusnya dia dinikahkan kepadaRasulullah. Beliau meninggal di Madinah.

4. Juwairiah binti Harits bin Abu Dhirar (wafat 56 H)
Nama aslinya adalah Burrah binti Harits. Dia ditawan oleh kaum Muslimin padaperang Bani Musthaliq dan diberikan kepada Tsabit bin Qais sebagai bagian darirampasan perang. Dia diberi hak oleh Tsabit untuk menebus kemerdekaannya denganimbalan sejumlah harta. Dia pergi menghadap Rasulullah minta bantuan,Rasulullah menawarkan kepadanya persetujuannya membayar sejumlah harta yangtelah disepakati itu kemudian setelah merdeka Rasulullah menikahinya.

5. Maimunah binti Harits (wafat 50 H/670 M)
Nama aslinya adalah Burrah, oleh Nabi diganti dengan Maimunah. Dialah wanitayang menghadiahkan dirinya kepada Nabi yang karenanya turun ayat yang artinya:“Perempuan mukmin yang menyerahkan dirinya kepada Nabi..”.(Al- Ahzab, ayat 50)

6. Mariah Qibtiah (wafat 16 H/637 M)
Seorang wanita asal Mesir yang dihadiahkan oleh Muqauqis, penguasa Mesir kepadaRasulullah tahun 7 H. Setelah dimerdekakan lalu dinikahi oleh Rasulullah danmendapat seorang putra bernama Ibrahim. Sepeninggal Rasulullah dia dibiayaioleh Abu Bakar kemudian Umar dan meninggal pada masa kekhalifahan Umar.

7. Saudah binti Zam`ah (wafat 23 H/643 M)
Dia masuk Islam bersama suaminya dan turut hijrah ke Abessina ( Habasyah).Dalam hijrah yang kedua, suaminya meninggal dunia, lalu dinikahi olehRasulullah setelah Khadijah wafat. Rasulullah membawanya hijrah ke Madinah. Diatermasuk istri Nabi yang sering memberikan giliran harinya kepada Aisyah.

8. Sofiah binti Huyai bin Akhtab (wafat 50 H)
Sebelumnya dia penganut Yahudi Bani Akhthab yang tertawan pada perang Khaibar.Rasulullah SAW memilih dan memerdekakannya, lalu ia masuk Islam, setelah itudinikahi oleh Rasulullah SAW dan wafat di Madinah.
Ummu Habibah binti Abu Sofyan (wafat 44 H/664 M)
Nama lengkapnya adalah Ramlah binti Abu Sofyan, dia ikut hijrah ke Abessina(Habasyah) bersama suaminya, tetapi suaminya terpengaruh di sana, lalu murtaddan meninggal dunia sebagai penganut Kristen. Rasulullah SAW segera mengirimAmru bin Umaiah Dhumari untuk melamarnya buat Rasulullah. Najasyi, penguasaAbessina menikahkannya kepada Rasulullah dengan mahar sebesar 400 dinar.

9. Ummu Salamah (wafat 57 H/676 M)
Nama lengkapnya adalah Hindun binti Umaiah, termasuk sahabat wanita yang masukIslam pada periode pertama. Dia termasuk yang ikut hijrah dua kali (Abessinadan Madinah). Suaminya mati syahid dalam perang Badar, lalu Rasulullahmenikahinya. Beliau termasuk wanita yang jenius, berakhlak mulia dan pandaitulis-baca. Dia dikaruniai usia yang panjang, dia wafat di Madinah dandimakamkan di Baqi.

10. Zainab binti Jahsy (wafat 20 H)
Nama aslinya adalah Burrah, sepupu Rasulullah. Semula dia menikah dengan Zaidbin Haritsah, setelah dicerai, dia dinikahi Rasulullah dan diberi nama Zainab dandijuluki dengan Ummul Hakam. Dia sangat warak dan kuat beragama serta banyakbersedekah. Beliau juga seorang yang cekatan dan terampil, suka bekerjasendiri, menyantuni orang-orang miskin dan selalu memberi derma buat keluargadan anak yatim.

Putra Nabi 
1. Abdullah bin Muhammad , Putra beliau dari Khadijah, meninggal ketika masih kecil.
2. Ibrahim bin Muhammad (wafat 10 H), Putra Nabi dari Mariah Qibtiah. Dia hanya hidup selama 18 bulan. Nabimenyaksikan ketika dia menghembuskan nafas yang terakhir sambil meneteskan airmata, beliau berkata “mata boleh meneteskan air, hati boleh bersedih, tapi kitatidak boleh mengucapkan kalimat yang tidak diridai Allah”.
3. Qasim bin Muhammad, Putra beliau dari Khadijah yang meninggal ketika masih kecil.

Putri Nabi
1. Fatimah binti Muhammad (wafat 11 H)
Putri bungsu Rasulullah SAW dari Khadijah yang paling disayangi oleh RasulullahSAW. Dia tergolong wanita Quraisy yang genius dan pintar bicara. Dia menikahdengan Ali bin Abu Thalib. Dari perkawinan ini lahirlah Hasan, Husain, UmmiKultsum dan Zainab. Dia meninggal 6 bulan setelah wafatnya Rasulullah. Dan dariFatimah Az-Zahro’ ini lahirlah dzuriyah Rasul sampai sekarang, yang dimasyarakat lazim dijuluki Sayid, Habib ataupun Syarief.

2. Ruqaiah binti Muhammad (wafat 2 H)
Putri Rasulullah SAW. dari Khadijah yang dipersunting oleh Utbah bin Abu Lahabsewaktu Jahiliah. Setelah munculnya Islam dan turunnya ayat yang berarti“Celakalah kedua tangan Abu Lahab dan dia juga akan celaka” (S. Al-Masad ayat1)dia langsung dicerai oleh suaminya atas perintah Abu Lahab. Dia memeluk Islambersama ibunya. Kemudian dia dinikahi oleh Usman bin Affan dan ikut bersamasuaminya hijrah ke Abessina (habasyah ), kemudian mereka kembali dan menetap diMadinah seterusnya meninggal di kota itu pula.

3. Ummi Kultsum binti Muhammad (wafat 9 H/639 M)
Putri Rasulullah dari Khadijah yang dipersunting oleh Utaibah bin Abu Lahabpada masa Jahiliah. Setelah turunnya ayat yang artinya: “Binasalah kedua tanganAbu Lahab dan sesungguhnya dia juga akan binasa.” (S. Al-Masad ayat 1) iadicerai oleh Utaibah atas perintah Abu Lahab. Sepeninggal kakaknya, Ruqaiyah,istri pertama Usman dia dinikahi oleh Usman bin Affan. Dia ikut berhijrah keMadinah.

4. Zainab binti Muhammad (wafat 8 H.)
Putri sulung Rasulullah yang dipersunting oleh Abul Ash bin Rabi’. Dia memelukagama Islam dan ikut hijrah ke Madinah, sementara suaminya bertahan dalamagamanya di Mekah sampai dia tertawan dalam perang Badar. Di saat itu,Rasulullah meminta kepadanya untuk menceraikan Zainab, lalu diceraikannya. Setelahdia masuk Islam, Rasulullah SAW. mengawinkan mereka kembali.

Cucu Nabi
1. Abdullah bin Usman bin Affan
Putra Sayidah Ruqaiah binti Rasulullah SAW.

2. Ali bin Abul Ash
Putra Sayidah Zainab, putri sulung Rasulullah. Dia meninggal setelah menginjak dewasa.

3. Hasan bin Ali bin Abu Talib (3-50 H.)
Dia adalah putra sulung Ali bin Abu Talib dengan Fatimah Postur dan parasmukanya mirip dengan Rasulullah SAW. Dia diangkat sebagai khalifah sepeninggalayahnya. Dia lebih mengutamakan tidak berperang, menghindari pertumpahan darahsesama muslim, untuk itu dia menyerahkan kursi ke khalifahan kepada Muawiahsampai dia meninggal dunia di Madinah. Husain bin Ali bin Abu Talib (4-61 H)
Putra kedua dari perkawinan Ali bin Abu Talib dengan Fatimah. Dia tidak maumembaiat Yazid, sehingga dia terbunuh dalam perang Karbala tanggal 10 Muharam61 H/680 M.

4. Ummi Kultsum binti Ali bin Abu Thalib (wafat 75 H)
Dia adalah putri Ali bin Abu Thalib dengan Fatimah binti Rasulullah. Diamenikah dengan Umar bin Khatab dan mempunyai anak Zaid dan Ruqaiah.

Paman Nabi
1. Abbas bin Abdul Mutalib (wafat 32 H/652 M)
Dia adalah Abul Fadel, paman Rasulullah, termasuk pembesar Quraisy pada masaJahiliah dan masa Islam. Dia memeluk Islam sebelum hijrah secara diam-diam dantetap berdomisili di Mekah guna dapat mengirimkan berita tentang kaum musyrikinkepada Rasulullah. Dia sempat mengikuti perang Hunain bersama Rasulullah dantermasuk pertahanan yang paling kuat. Beliau meninggal di Madinah.

2. Abu Thalib bin Abdul Muthalib (wafat 3 SH)
Abdul Manaf bin Abdul Mutalib bin Hasyim. Ayah dari Ali r.a. dan paman Nabisekaligus pemelihara, pendidik dan yang banyak membantunya. Dia adalahpahlawan Bani Hasyim terkemuka dan pemimpin mereka. Nabi mengajaknya masukIslam tapi dia menolak.Penolakan ini memunculkan spekulasi keislamannya, adayang menyatakan ia menolak masuk Islam karena takut kalau bangsa Arab akanmenghinanya sebab meninggalkan agama nenek moyang mereka, namun ada pula yangberpendapat bahwa ia mati dalam keadaan iman dan islam akan tetapi keimananya iasembunyikan, agar perjuangan Nabi tidak terganggu karenannya, ketika ia wafatpada tahun yang sama dengan wafatnya Hadijah ,tahun itu dikatakan sebagai tahunkesedihan (amul huzni) bagi Nabi.

3. Hamzah bin Abdul Mutalib (wafat 3 H)
Paman Rasulullah dan saudara sepersusuannya. Dia memeluk Islam tahun ke-2kenabian, ikut hijrah bersama Rasulullah dan ikut dalam perang Badar,seterusnya mati syahid pada perang Uhud. Rasulullah menjulukinya dengan“Asadullah” [Singa Allah], dan menjulukinya dengan “Sayidus-Syuhada`”. Makamnyahingga saat ini menjadi salah satu tujuan ziarah di dekat kota Madinah al Munawaroh.
(almihrab.com)

1 komentar:

Marsya Rovena 19 Februari 2020 pukul 15.33  

Hai Gan... Artikel Yang Sangat Bagus dan Memberikan Informasi Yang Bermanfaat..^^
Terima Kasih^^
Dan Mohon Untuk Izin Comment yah Gan^^


Pelangislot
Menyediakan 7 Games Dalam 1 User ID diantaranya sbb:

TOGEL
CASINO
GAMES
SLOT GAMES
SABUNG AYAM
SPORTSBOOK
POKER LEGENDS

HUBUNGI KAMI

WA : +6282323351494

Posting Komentar

About This Blog

  © Blogger template The Business Templates by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP