Naungan - Usaha & Produk

Daftar Halaman

  • Beranda
  • Motivaqolbi
  • Titian Hikmah
  • StoriesofHikmah
  • Banyak Cinta
  • Kehebatan Doa
  • Kehebatan Ayat
  • Kajian Ghaib
  • Tasawwuf
  • Anda Perlu Tahu
  • Catatan
  • Tips Kesehatan
  • eBook
  • Software
  • Kitab-Kitab
  • Photo Ulama'
  • Photo Acara
  • Sesungguhnya LIDAH ORANG BIJAK itu ada dibalik hatinya. Apabila dia ingin berkata maka dia kembali kepada hatinya. Jika itu bermanfa'at baginya maka dia berkata. Namun jika itu berdampak buruk baginya maka diapun menahan mulutnya (sama dengan tulisan). Sedangkan ORANG BODOH, hatinya berada diujung lidahnya. Dia tidak kembali kepada hatinya. Apa saja yang ada dimulutnya maka dia ucapkan (sama dengan tulisan). --- Siapapun bisa menjadi ORANG BIJAK selama dia bisa menjaga perasaan/ emosionalnya & LISANNYA (tulisannya). Perasaan tidak cocok, tidak sepaham & tidak senang tidak perlu kita tampakkan jika anda ingin jadi ORANG BIJAK. --- Menjadi Orang bodoh sangat lebih mudah, biar bertitel SARJANA ataupun berilmu tapi tidak bisa mengendalikan perasaannya. lihatlah Lisan & Tangannya akan menampakkannya. Siapa dirinya sebenarnya.
Petunjuk Mudah...... !
Klik BERANDA (pada Daftar Halaman).
Anda akan masuk ke Daftar Isi semua posting Blog.
Selamat menikmati.
--------------------------------------------------------------

Q-Power (Miracle Heart Energy)

Q-Power (Miracle Heart Energy)
klik gambar untuk melihat website energi q

Prolog

------------------------------

Bismillahirrahmanirrahiim

Selamat Datang di Blog Kami, semoga Informasi yang anda cari tersedia dan silahkan dibaca, dicopy atau dibagi kepada siapapun yang membutuhkan.

Etika berkunjung, silahkan anda tinggalkan NAMA atau EMAIL sebagai niat baik & ijin.

insya Allah, ILMU yang ada disini akan membawa berkah & manfaat untuk kita semua. Amin.

Bagi yang berkenan silahkan kasih komentar dengan Sopan & Santun sebagai perwujudan ukhuwah islamiyah.

Bagi yang yang tidak berkenan, kami mohon maaf.

( Harap cantumkan nama Gus Is - 1hati17an.blogspot.com )

-----------------------------

Jumat, 05 Juli 2013

Tata Krama Berdoa 1

Allah Ta'ala berfirman :
"Dan apabila hamba-hambaKubertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), sesungguhnya Akudekat.
Aku memperkenankan permohonan orangyang berdoa apabila dia berdoa kepadaKu. Sebab itu hendaklah mereka memohonkepadaKu supaya mereka memperoleh petunjuk."

(Qur'an Surat Al Baqarah 186)


Berdoa merupakan puncak ibadahyang menggambarkan peristiwa pertemuan seorang hamba dengan Sang Khalik.
Sebelum kita berdoa, hendaknyadimulai dengan etika yang luhur (Adab Berdoa), agar kita memiliki kesiapanbatin untuk berkomunikasi dengan Allah SWT sebelum menyampaikan maksud yangsebenarnya.
Di antara tata cara berdoa yangbaik adalah apabila diawali dan diakhiri dengan membaca umul Qur'an Surat Al Fatihah.


Semuaorang pasti mengharapkan doanya dikabulkan. Namun kenyataannya, tidak sedikitorang yang kecewa karena doanya belum dikabulkan padahal sudah sering berdoa.
Halini membuat kita harus introspeksi diri, bahwa mungkin saja doa kita belum atautidak tekabulkan karena kita menjalakan prosedur yang salah. 

https://www.facebook.com/kehebatandoa

Disiniakan dijelaskan bagaimana prosedur doa yang benar.
  1. Awali doa dengan Asmaul Husna. Allahmempunyai Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut AsmaulHusna  itu… (Q.S. Al A’raf : 180).  AsmaulHusna artinya nama-nama Allah yang baik, misalnya Ar Rahmaan (Maha Pemurah), AlHakiim (Maha Bijaksana), Ar Rahiim (Maha Penyayang), Al Kariim ( MahaDermawan), Al Aliim (Maha Mengetahui). Merujukpada ayat ini, ketika kita akan berdoa, awali dengan Asmaul Husna yang kitahapal, misalnya Ya Rahmaa, Ya Rahiim, setelah itu baru kita berdoa. Tidakada dalil yang mengharuskan berapa jumlah Asmaul Husna yang harus dibaca. Jadibaca saja semampu dan sekehendak kita. Pokoknya disesuaikan dengan situasi dankondisi. Sekiranyakita mengerti makna setiap Asmaul Husna, alangkah baiknya kalau Asmaul Husnayang kita baca itu ada hubungan dengan permintaan kita, misalnya kalau kitaminta ilmu, awali dengan Ya ‘Aliim (Wahai Yang Maha Mengetahui), Ya Hakiim(Wahai Yang Maha Bijksana). Kalau minta ampun, awali dengan Yaa Ghafuur ( WahaiYang Maha Penganpun), Yaa Rahiim (wahai Yang Maha Penyayang). Tapi walau maknaAsmaul Husna itu tidak ada korelasinya ,juga tidak ada masalah,yang pentingawali doa dengan Asmaul Husna.
  2. Mengucapkan Kalimah Tauhid. Setelahmembaca Asmaul Husna, kemudian kita mengucapkan Kalimah Tauhid, yaitupernyataan yang mengekpresikan keimanan kita kepada Allah SWT. Kita nyatakanbahwa Allah SWT itu Mahatunggal, Maha Berkuasa, tak ada sekutu bagi-Nya, dll. KalimahTauhid yang baik kita baca saat berdoa  antara lain sebagai berikut: “allahummainni asaluka bi anni asyhadu annaka antallahu laa ilaaha illa ata alhadushamadul ladzi lam yalid wa lam yulad wa lam yakullahu kufuwan ahad” Artinya: Sesungguhnyaaku memohon kepadaMu Ya Allah, dengan bersaksi  bahwa sesungguhnya Engkauadalah Allah yang tiada Tuhan selain Engkau, Yang Mahatunggal, yang menjaditempatku bergantung, Yang tidak beranak, dan tidak pula diperanakkan, dan tidakada seorangpun yang setara dengan  Dia. (H.R.Muttafaq‘allaih)
  3. Diawali dengan Hamdalah dan Shalawat. DariFadhalah bin ‘Ubaid r.a. berkata: “TatkalaNabi s.a.w duduk di mesjid, tiba-tiba seorang laki-laki masuk, lalu shalat,setelah selesai ia membaca doa  “Allahumaghfirlii warhamnii.” MakaRasulullahpun berkata;” Wahai kawan, engkau terburu-bru. Jika kaushalat,duduklah dulu kemudian bacalah puji-pujian kepada Allah karena Dia yangmemilikinya, lalu kau baca shalawat kepadaku,dan lalu berdoa.” Berkatapula Fadhalah: “Kemudiandating pula seseorang yang lain, setelah shalat ia memuji Allah dan membacashalawat untuk Nabi s.a.w. dansetelah itu Nabi bersabda : “Berdoalah, akandipenuhi!” (HRAhmad, Abu Daud, Nasa’I dan tirmidzi)
  4. Mengulangi Doa. BerkataMas’ud  r.a. “Kaanaalaihish shalaatu was salaamu idza da’aa, da’aa tsalatsan wa idzaa sa’alatsalaatsan” AdalahNabi s.a.w, apabila berdoa, ia berdoa tiga-tiga kali, dan apabila ia meminta,juga meminta tiga-tiga kali (HR Muslim)
  5. Yakin Akan Dipenuhi. SesungguhnyaAllah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Aku akan mengikuti persangkaan hamba-Kukepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya apabila ia berdoa kepada-Ku (HR Bukharidan Muslim)  “Danjika kamu memohon kepada Allah , wahai manusia,mohonlah langsung kehadhirat-Nya dengan keyakinan yang penuh  bahwa doamu akan dikabulkan ,karena Allah tidak mengabulkan doa hamba-Nya yang keluar dari hati yanglalai.”(HR Ahmad).
  6. Merendahkan Hati ,Melembutkan Suara, dan Tidak Berlebihan “Berdoalahkepada Tuhanmu dengan berendah hati dan suara lembut. Sesungguhnya Allah tidakmenyukai orang-orang yang melampaui batas” (Al A’raf:55) “Kamiberangkat bersama Rasulullah saw maka tatkala kami telah dekat  keMadinah  bertakbirlah  Nabi dan bertakbirlah manusia  sertamereka mengeraskan suara mereka. Maka berkatalah  Rasulullah saw :” Haimanusia sesungguhnya Dzat yang kamu seru itu, tidak tuli dan tidak jauh,sesungguhnya Tuhan yang kamu seru itu ada di antara kamu dan di antara leherkendaraan kamu. (Muttafaq Alaihi).
  7. Dengan Rasa Takut dan Penuh Harap “Danjanganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya,dan baerdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan dikabulkan ) dan harap(akan diterima). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yangberbuat baik.” (QSAl A’raf:56)
  8. Menghadap Kiblat. Nabimendatangi tempat wuquf di Arafah, dan ia menghadap kiblat dan terus menerusberdoa hingga matahari tenggelam (HR Muslim).
  9. Sabar dan Shalat.  “Mintatolonglah kalian dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya hal yang demikian ituadalah berat kecuali bagi orang-orang khusyu.” (QS Al Baqarah:45). “Haiorang-orang yang beriman, minta tolonglah kalian (kepada Allah) dengan sabardan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar (QS Al Baqarah153)
  10. Manfaatkan Waktu-waktu Terbaik
Sesungguhnyaberdoa itu bisa kita lakukan kapan dan dimana saja, namun dalam sejumlahriwayat disebutkan ada sejumlah waktu yang sangat baik untuk diisi dengan doa,yaitu:
a. Sepertiga akhir malam
Rasulullahbersabda, “ Setiap malam, Tuhan kita turun ke langit dunia ketika tersisasepertiga malam yang akhir. Maka Allah berfirman , barangsiapayang berdoakepada-Ku, pasti akun Aku kabulkan, dan siapa yang memohon kepada-Ku pasti akanAku beri,dan siapa yang memohon kepada-K, pasti akan Aku ampuni.”
(HR.Bukhari , Muslim dan Tirmidzi).
Yangdimaksud sepertiga akhir malam  adalah sekitar jam 3 pagi.
b. Tengah malam dan setelah shalatfardlu
Rasulullahpernah ditanya, ‘wahai Rasulullah, kapankah doa yang paling didengar Allah/’Rasulullah menjawab ,” Doa di tengah malam dan doa setelah shalat fardlu(wajib).”
(HR.Tirmidzi)
Yangdimaksudpertengahan malam pada riwayat ini sekitar jam satu pagi. Sedangkan yangdimaksud akhir shalat wajib yaitu setelah salam.
c. Pada saat lapang
Biasanyakita rajin berdoa kalau sedang menghadapi kesulitan, sedang kepepet, atau dalamkeadaan terpuruk. Kalau dalam keadaan sulit kita ingin doa kita cepatdikabulkan.Karenanya perbanyaklah doa ketika sedang lapang ,ketika sedang tidakmengalami kesulitan, sebagaimana sabda Rasulullah, “Barangsiapa yangmenginginkan doanya dipenuhi Allah ketika ia dalam kesulitan maka hendaklah iamemperbanyak doa di waktu lapangnya.” (HR Tirmidzi dan Hakim)
d. Ketika sujud
Rasulullahsaw bersabda , “Jarak yang paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannyaialah ketika sujud. Maka perbanyaklah doa ketika sujud.” (HR Muslim)
Hadissahih ini menganjurkan agar kita memperbanyak doa ketika sujud. Caranya ,selesai kita membaca doa “Subhaana Rabbiyal A’la, kita bias lanjutkan dengandoa apa saja yang kita kehendaki.  Hadis ini juga tidak menjelaskan padasujud yang ke berapa doa itu dibaca. Ini mengandung isyarat  bahwa kitaboleh berdoa pada sujud yang mana saja, tidak harus sujud yang terakhir.
e. Pada hari Jum’at
Rasulullahsaw  bersabda,”Pada hari Jum’at itu ada suatu saat yang apabila kebetulanseorang muslim berdiri shalat sambil meminta  sesuatu (berdoa) kepadaAllah swt, maka Allah akan memberinya apa yang ia minta.” (HR Muttafaq ‘Alaih).
Keteranganini member i  arahan bahwa kalau sedang shalat Jum’at kita dianjurkanuntuk memperbanyak doa, sebab  pada waktu tersebut ada sa’tul ijaabah(waktu terkabulnya doa).
f. Antara azan dan iqamah
Rasulullah saw bersabda, “ Doa antara azan dan qamat tidak akan ditolak.” (HRTirmidzi).
Selesaiazan, kadang ada jeda waktu menunggu iqamat, dalam jeda itulah sebaiknya kitammemperbanyak doa apa saja yang kita mau karena itu merupakan waktu yang baikuntuk berdoa.
g. Pada hari Arafah (9Dzulhijjah)
Tanggal9 Dzulhijjah merupakan hari yang sangat penting bagi para jamaah haji karenawaktu tersebut  diharuskan  wuquf di Arafah. Nabi  saw bersabda, “Ahajju ‘Arafah” artinya puncak ibadah haji itu wuquf di Arafah. Kalaukita berada di Arafah, perbanyaklah doa karena itu merupakan waktu yang terbaikuntuk berdoa..”

11.   Barengi  Doa dengan Ikhtiar
Doadan Ikhtiar bagaikan  dua sisi dari mata uang yang sama, salingmelengkapi, tidak bisa dipisahkan.  Kalau kita minta ilmu, barengi denganbelajar ; minta harta dampingI dengan usaha; minta sukses iringi dengan kerjakeras; minta sembuh barengi dengan pengobatan,dll.

“…Bekerjalah(berusahalah) kamu, maka Allah dan Rasulnya serta orang-orang beriman akan melihat  pekerjaan (ikhtiar)-mu itu…. (QS.At Taubah:105)

0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

  © Blogger template The Business Templates by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP